Untitled Document
Untitled Document
     
Untitled Document
news | redaksi | facebook | twiter
search
 
Untitled Document
POLITIK DAN PEMERINTAHAN PERISTIWA EKONOMI BISNIS JELAJAH OLAH RAGA KAWAN MUDA GALERY FOTO DIREKTORI  
Politik dan Pemerintahan

Rabu, 26/06/2013 15:09 WIB
Ribuan Pekerja Asing di Bekasi Kena Pajak Khusus

Cikarang--Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Izin Memperpanjang Tenaga Kerja Asing (IMTA). Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat, ada 1.800 pekerja asing di Bekasi.

"Kalau tenaga asing bekerja di Kabupaten Bekasi maka retribusi ke pemerintah daerah,"  kata Kepala Bidang Perluasan Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bekasi, Robet Suwandi, Rabu (26/6).

"Tapi kalau tenaga asing bekerja di dua wilayah di Jawa Barat maka retribusinya masuk ke provinsi, dan kalau bekerja antarprovinsi maka retribusinya ke pusat," jelasnya.

Dia mengatakan, jumlah tenaga kerja asing yang menjadi target Perda IMTA bersifat dinamis.1.800 pekerja asing di 440 perusahaan itu, kata dia,  memang terlihat sedikit mengingat ada ribuan perusahaan di Bekasi.

"Jumlahnya sudah ketahuan, tapi tidak bisa juga dihitung secara matematis. Bisa saja dari beberapa tenaga asing itu ada yang berpindah kerja. Tapi kita berharap jumlah tenaga asing yang bekerja di Kabupaten Bekasi semakin bertambah," katanya.

Penarikan retribusi tenaga kerja asing sudah berjalan sejak sosialisasi Perda IMTA dilakukan belum lama ini. Retribusi sebesar USD100 per orang per bulan untuk per jabatan. Uang itu langsung disetorkan pihak perusahaan ke kas daerah melalui Bank Jabar Banten (BJB).

"Sambil sosialisasi penarikan retribusinya juga sudah berjalan. Jadi, tenaga asing harus memperpanjang izinnya paling tidak 30 hari sebelum izinnya habis," kata dia.(Okc/BR2)

Berita Terkait

Komentar (0)
Untitled Document

Untitled Document
Tulis Komentar
Nama :
Email/website :
Komentar :
   

Ketikkan kode di bawah ini

654263

   
 
BERITA TERKINI
Senin, 14/07/2014 17:07 WIB
Rawalumbu -Lebaran sebentar lagi, anda tidak perlu bingung mencari jajanan utuk dihidangkan di meja tamu rumah anda. Sebab QDeal Cookies telah...

Kamis, 10/07/2014 20:47 WIB
Bekasi -Masyarakat Kota Bekasi dengan penghasilan rendah mendapat bantuan berupa pemberian rumah gratis dari Asosiasi pengembang Realestat...

Kamis, 10/07/2014 20:37 WIB
Bekasi Selatan -Kabar tidak sedap muncul di balik pemberian mobil dinas oleh Pemkot Bekasi kepada Camat dan Lurah. Konon kabarnya, mobil...

Senin, 07/07/2014 12:46 WIB
Bekasi Timur -Guna mengamankan suara Capres dan Cawapres nomor urut 2 Jokowi-Jusuf Kalla organisasi relawan Laskar Jokowi Bekasi Timur adakan...

Untitled Document
Untitled Document
copyright © bekasiraya.com 2012